Batik merupakan karya anak bangsa Indonesia yang patut dilestarikan. Hasil karya anak bangsa ini sudah merupakan kebudayaan yang lahir sejak zaman dahulu. Keunikan karya ini juga bukan hanya digandrungi di negeri kita sendiri tapi sudah diminati seluruh penjuru dunia bahkan ada negara yang mengakui bahwa batik merupakan kebudayaan mereka.

Banyak orang tidak mengetahui bahwa batik bukan hanya berasal dari Jogja dan Solo saja,  tapi ada beberapa daerah yang tidak kita perkirakan ternyata mempunyai motif-motif batik yang tidak kalah indahnya, termasuk BATIK JAWA TIMUR.

Sejarah Batik Jawa Timur sangat erat kaitannya dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan kerajaan-kerajaan sesudahnya. Batik sudah dikenal pada abad XVII di kerajaan Majapahit.

Tradisi tenun masih dipakai di Jawa Timur yakni daerah Tuban. Dalam buku “Batik Fabled Cloth Of Java” karangan Inger Mc Cabe Elliot, dikatakan bahwa pada pertengahan abad ke -19, batik Tuban mirip dengan batik Cirebon. Kemiripan batik ini ada pada penggunaan benang pintal dan penggunaan warna Merah dan Biru pada proses pencelupan.

Batik Jawa Timur mempunyai sedikit perbedaan dengan batik Jawa Tengah. Batik Jawa Tengah pedalaman Solo dan Jogja, menggunakan warna Sogan, Indigo, Hitam dan Putih serta moif dasar yang relatif terikat pada pakem tententu. Sedang batik Jawa Timur mempunyai motif bebas tanpa terikat pakem tertentu.

Sampai saat ini Jawa Timur mempunyai unit usaha batik tenun dan bordir yang tersebar di daerah kabupaten/kota. Dan diperkirakan memiliki banyak motif batik khas daerah dari 38 daerah kabupaten/kota di Jawa Timur.

Daerah Jawa Timur yang tercatat memiliki sejarah penghasil batik yakni Sumenep (Pekandangan), Sampang, Bangkalan (Tanjung Bumi), Pamekasan, Gresik, Sidoarjo (Jetis dan Sekardangan), Porong (Kedung Cangkring), Mojokerto (Mojosari), Jomabang, Kediri, Trenggalek, Pacitan, Banyuwangi, Bondowoso (Maesan), Lumajang, Tulungagung, Magetan, Ponorogo.

One thought on “BATIK JAWA TIMUR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *